Kemendikbud Butuh Banyak Asesor untuk Sertifikasi Kompetensi Pelaku Film

INDOSINPO – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan asesor untuk sertifikasi kompetensi sebagai legalitas pengakuan terhadap pelaku film agar lebih kreatif dan terus berkarya membuat film berkualitas.

“Untuk bisa menguji itu butuh asesor, kita baru ada asesor 30 orang,” kata Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbud Judi Wahyudin usai gelar Festival Film Pendek Fiksi Jabar XI di Garut, Jawa Barat, Sabtu (21/11/2020) malam.

Ia menuturkan, sertifikasi kompetensi sebagai bentuk pengakuan telah terujinya pelaku budaya atau film di Indonesia.

Rencananya, kata dia, dalam waktu dekat ada 150 orang mengikuti uji kompetensi tersebut di Gedung Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Ia berharap dari hasil uji kompetensi itu melahirkan asesor baru yang siap menguji kembali para pelaku film lainnya yang tidak hanya di tingkat nasional, tapi hingga daerah.

“Untuk sekarang, saya kira asesornya masih sangat kurang, dan ini tugas kita semua,” katanya.

Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah mendukung adanya sertifikasi kompetensi bagi pelaku film agar lebih baik dan diakui dalam kegiatan profesinya.

Terkait jumlah asesor yang saat ini baru 30 orang, menurut dia, tidak menjadi masalah selama mereka memiliki kompetensi yang bisa menguji banyak orang.

“Kalau 30 produktivitasnya ‘gila’, bisa perbandingan yang lebih besar, jadi misalnya dengan kinerja yang baik dan produktivitas tinggi mungkin satu orang bisa melayani 150 orang kan lebih bagus,” katanya. (ant)

Berita Populer

Tok! MK Terima Sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak

INDOSINPO - Sesuai jadwal tahapan sengketa perkara perselisihan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi, hari ini memasuki registrasi terhadap permohonan yang diajukan oleh Pemohon. Dari...

Benda Misterius Tulisan China di Anambas, Roy Suryo: Mirip Argo Float Daripada Sea Glider

INDOSINPO - Penemuan benda menyerupai rudal dengan tulisan China menghebohkan warga di Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Benda berwarna biru dengan...

INTI Hadir di Mamuju-Majene Bantu Korban Gempa

INDOSINPO - Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 mengguncang Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari. Gempa yang berpusat di 6 kilometer timur laut Kabupaten...

Berita Terkait

Ternyata, Rencana Pembukaan Kembali Bioskop Serba Belum Pasti

INDOSINPO - Belum ada kepastian jumlah studio dan film yang akan tayang pada pembukaan kembali bioskop se-Indonesia pada 29 Juli 2020.

Kolaborasi OPPO Reno4 Pro dan Arifin Putra Hasilkan Acara Bincang dengan Para Pelaku Industri Film

INDOSINPO - OPPO Reno4 Pro bersama aktor Arifin Putra membesut program "The Industry presented by OPPO Indonesia", yaitu program bincang-bincang dengan pelaku...

Mau Nonton Mulan Versi Bahasa Mandarin? Datang ke Singapura

INDOSINPO - Anda mungkin salah satu yang merasa janggal menonton para karakter asal Tiongkok dalam film live-action Mulan berbicara bahasa Inggris.

2 Serial Indonesia Masuk Nominasi ContentAsia Awards 2020

INDOSINPO - Dua serial Indonesia yang tayang di layanan streaming video over the top Viu, "Assalamualaikum Calon Imam" dan "Pretty Little Liars"...