China Izinkan Lansia di Atas 70 Tahun Miliki SIM

0
9
Foto dokumentasi ini menunjukkan pasangan lansia yang sedang beristirahat di kamar mereka di sebuah panti wreda di Siping, Provinsi Jilin, China timur laut. (Xinhua/Zhang Nan)

INDOSINPO – China mulai mengizinkan warganya yang berusia di atas 70 tahun untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ketentuan itu berlaku mulai Jumat (20/11/2020) dengan catatan warga lanjut usia (lansia) yang mengajukan izin mengemudi memenuhi syarat untuk mengemudi dengan aman.

Kementerian Keamanan Publik China, dikutip dari Xinhua, mengatakan, warga berusia lebih dari 70 tahun diizinkan mengajukan pembuatan SIM untuk kendaraan kecil dan moped (motor berpedal)

Para pemohon diwajibkan lulus dalam tes memori, penilaian, dan reaksi, serta harus melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan dan menyerahkan hasilnya.

Batas usia maksimal untuk izin mengemudi kendaraan penumpang besar dan menengah atau kendaraan barang juga akan dinaikkan dari 50 tahun menjadi 60 tahun.

Meningkatnya angka harapan hidup dan kondisi kesehatan warga China membuat semakin banyak warga lansia yang ingin mengemudi. Kementerian Keamanan Publik menambahkan, langkah itu bertujuan untuk memenuhi tuntutan baru yang terkait populasi lansia di negara itu.

Hingga akhir 2019, China memiliki 250 juta warga berusia 60 tahun ke atas atau sekitar 1/6 dari total populasi negara tersebut.