Mengenal Sejarah Permainan Mahjong

0
10
Ilustrasi permainan Mahjong yang mendunia. (sumber foto: lompocrecord)

INDOSINPO – Mahjong. Permainan empat orang yang berasal dari China ini mempunyai beragam versi sejarah dan menjadi perdebatan panjang di kalangan pencinta game.

Beberapa pihak mengklaim sejarah permainan kombinasi strategi, perhitungan dan keberuntungan ini dimulai sejak 2.500 tahun silam. Tapi, pihak lain menentangnya dengan menyebut Mahjong ditemukan pada abad ke-18 atau ke-19 karena tidak ada catatan sejarah yang tersedia tentang permainan sebelum abad ke-19.

Disadur dari halaman Facebook Embassy of China in Indonesia, versi kisah yang cukup populer di balik lahirnya Mahjong menyangkut peran Konfusius.

Menurut cerita ini, selama pemerintahan Raja Wu, seorang wanita cantik tinggal di istananya dalam isolasi. Ketika kebosanan mulai membunuhnya, dia mulai mengukir sosok berbentuk domino dari gading dan bambu.
Begitu si cantik selesai dengan angka-angkanya, dia mengundang para pelayan untuk bermain. Belakangan, Konfusius mengembangkan permainan ini dengan lebih banyak bentuk dan aturan baru.

Ada kepercayaan bahwa permainan ini awalnya sangat eksklusif, hanya boleh dimainkan orang dalam kerajaan. Warga negara biasa akan dianggap melanggar hukum bila berani memainkannya.

Para peneliti menduga Mahjong terinspirasi dari permainan domino yang juga berasal dari Tiongkok dan beberapa permainan kartu kuno yang dimainkan di China. Ada bukti yang menunjukkan bahwa permainan ini mulai dimainkan di China selama abad ke-10 dan ke-11.

Kalangan peneliti sendiri sudah mempunyai gambaran soal kemungkinan tempat asal Mahjong, yaitu Shanghai, Kiangsu dan Anhwei. Tidak ada catatan permainan yang ditemukan dari bagian lain China hingga tahun 1900-an.

Dalam perkembangannya sampai hari ini, Mahjong cukup dikenal oleh masyarakat bangsa lain, seperti Jepang dan Amerika Serikat. Warga di masing-masing negara memodifikasi Mahjong dan menciptakan aturan sendiri sesuai dengan selera mereka.

Sumber: Facebook Embassy of China in Indonesia