Perhimpunan INTI Puji Langkah Cepat Perempuan Tani Antisipasi Krisis Pangan

0
61
Ketua Umum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto, memimpin langsung kegiatan Tanam Pohon Serentak

INDOSINPO – Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) bersama Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Kementerian Pertanian dan Telkom Indonesia mengggelar kegiatan Tanam Pohon Serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan berpusat di Kampung Rawa Lini, Desa Teluknaga, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (18/11/2020) pagi. Ketua Umum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto, memimpin langsung kegiatan didampingi Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli; Danramil 01/Teluk Naga, Kapten CPM DJalaluddin Putra; Kapolsek Teluknaga AKP Dodi Adulrohim; dan jajaran pengurus Perempuan Tani HKTI Banten.

Sementara itu, Ketua Umum INTI, Teddy Sugianto, bersama Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang juga Kepala Staf Kepresidenan RI, mengikuti kegiatan ini secara virtual melalui aplikasi zoom.

Dalam siaran pernyas, Kamis (19/11/2020), Dian Novita Susanto mengatakan, keterbatasan pasokan kebutuhan pokok sudah di depan mata akibat pandemi COVID-19. Bahkan, Presiden Jokowi telah mengakui akan terjadinya defisit bahan pangan. Badan Pusat Statistik (BPS) telah menyatakan defisit bahan pangan ini akan memunculkan kenaikan bahan pangan di November dan Desember 2020.

Karena itulah pihaknya menggagas gerakan tanam serentak secara nasional dan mengajak seluruh perempuan ikut melakukan kegiatan tersebut demi membantu sesama dan pemerintah dalam mengatasi krisis bahan pangan.

“Caranya cukup mudah, kita manfaatkan lahan yang kosong dan juga bisa dilakukan di pekarangan rumah masing-masing untuk menanam pangan hortikultura,” ujar Dian.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan INTI, Teddy Sugianto, menyampaikan bahwa INTI mendukung Perempuan Tani HKTI yang telah melakukan langkah cepat dan tepat dalam merespons ancaman krisis pangan. Ia juga kembali menekankan bahwa INTI adalah organisasi berwawasan kebangsaan yang menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Semoga kegiatan yang bermanfaat ini dapat terus berlanjut sampai di kemudian hari, tidak hanya di masa pandemi. Mari bersama kita bangkitkan kembali kejayaan pertanian Indonesia dan juga meningkatkan kesejahteraan para petani,” ujar Teddy.

Ketua Umum Perhimpunan INTI, Teddy Sugianto.

Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, memuji kegiatan “Tanam Serentak Seluruh Indonesia” ini sebagai bentuk kerja nyata Perempuan Tani HKTI yang selalu berperan aktif memperkuat ketahanan pangan nasional. Mantan Panglima TNI ini mengaku tidak ingin para ibu mengeluhkan harga kebutuhan pangan yang melonjak. Hal itu dapat teratasi jika rakyat melakukan penanaman mandiri di rumah masing-masing.

“Semoga Perempuan Tani HKTI dapat memotivasi para perempuan untuk berkontribusi menjaga stabilitas harga bahan pangan di Indonesia, terutama di masa pandemi ini. Menurunkan angka stunting melalui pemenuhan makanan sehat dan bergizi, serta mewujudkan manajemen rumah tangga yang tertata dengan baik,” pungkasnya.

Sekjen HKTI, Bambang Budi Waluyo; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati; Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto; Wagub Banten, Andika Hazrumy; Direktur Telkom Indonesia, Edi Witjara; dan 10 cabang Dewan Pimpinan Provinsi Perempuan Tani mengikut kegiatan secara virtual.

Laporan Krispri