Minggu Depan, Jokowi Kirim Tim Dipimpin Luhut Pandjaitan Temui Bos Tesla

INDOSINPO – Presiden Joko Widodo akan mengirim tim “high-level” pada minggu depan untuk bertemu dengan eksekutif produsen kendaraan listrik Amerika Serikat, Tesla.

Langkah itu adalah bagian dari upaya Indonesia untuk menjadi negara produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

Dalam wawancara ekslusif dengan Reuters (Jumat, 13/11/2020), Jokowi menjelaskan bahwa perjalanan tim tersebut juga untuk mempromosikan Omnibus Law yang baru disahkan parlemen dan pemerintah Indonesia. UU sapu jagat itu bertujuan menyederhanakan proses investasi di Indonesia.

“Minggu depan kami akan kirim tim dalam jumlah besar ke Amerika dan Jepang, untuk mempromosikan Omnibus Law,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa tim yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, itu akan bertemu dengan eksekutif Tesla.

“Ini sangat penting, karena kami punya rencana besar menjadikan Indonesia penghasil baterai lithium terbesar dan kami punya (cadangan) nikel terbesar,” ujar Jokowi.

Dalam wawancara terpisah, Luhut mengatakan akan mengadakan pertemuan dengan Bank Dunia untuk membicarakan Omnibus Law dan proyek berbasis lingkungan di Indonesia.

Luhut menolak berkomentar secara khusus tentang rencana pertemuan dengan Tesla, tetapi mengatakan bahwa “ada kemungkinan yang sangat bagus” perusahaan itu berinvestasi dalam pengolahan nikel Indonesia untuk memangkas biaya produksi.

Luhut mengatakan, Indonesia bisa membuat rantai pasokan baterai kendaraan ramah lingkungan dalam 7-8 tahun dengan memanfaatkan smelter dengan sumber energi terbarukan, sehingga bisa menjual baterai itu untuk mobil di pasar Eropa pada 2030.

Presiden Jokowi berulang kali mengatakan UU Cipta Kerja sangat penting untuk memotong birokrasi, memacu investasi, dan meningkatkan daya saing pasar tenaga kerja.

Selama ini, Indonesia berjuang keras untuk menarik investasi asing dengan kecepatan yang sama dengan beberapa negara tetangganya. Jokowi meyakini Omnibus Law akan menjadi salah satu katalis utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Kepala eksekutif Tesla, Elon Musk, sempat menyatakan bahwa pihaknya berencana menawarkan “kontrak raksasa untuk jangka waktu yang lama” selama nikel ditambang “secara efisien dan dengan cara yang peka terhadap lingkungan”.

Sementara itu, UU Cipta Kerja atau Omnibus Law yang menyelaraskan 79 UU di Indonesia terus mendapat kritik publik karena melonggarkan standar lingkungan.

Berita Populer

Tok! MK Terima Sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak

INDOSINPO - Sesuai jadwal tahapan sengketa perkara perselisihan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi, hari ini memasuki registrasi terhadap permohonan yang diajukan oleh Pemohon. Dari...

Benda Misterius Tulisan China di Anambas, Roy Suryo: Mirip Argo Float Daripada Sea Glider

INDOSINPO - Penemuan benda menyerupai rudal dengan tulisan China menghebohkan warga di Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Benda berwarna biru dengan...

INTI Hadir di Mamuju-Majene Bantu Korban Gempa

INDOSINPO - Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 mengguncang Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari. Gempa yang berpusat di 6 kilometer timur laut Kabupaten...

Berita Terkait

Resmi, Aplikasi Gojek Terintegrasi di Empat Negara Asia Tenggara

INDOSINPO - Perusahaan teknologi asal Indonesia, Gojek, resmi mengintegrasikan aplikasinya di empat negara Asia Tenggara lain, yaitu Indonesia, Vietnam, Singapura, dan Thailand.

Amazon Klarifikasi Perintah Hapus TikTok dari Smartphone Karyawan

INDOSINPO - Sekira lima jam setelah email internal Amazon bocor dan viral pada Jumat (11/7/2020) terkait perintah penghapusan aplikasi TikTok dari smartphone...

163 Karyawan dan Pengemudi Loyal Blue Bird Terima Penghargaan Satya Lencana

INDOSINPO - Situasi dan kondisi tak menentu dari pandemi COVID-19 tidak mengurungkan niat PT Blue Bird Tbk dalam memberikan apresiasi serta penghargaan...

Anak Tetap di Rumah, GummyBox Hadirkan Mainan Edukasi Tanpa Layar

INDOSINPO – GummyBox yang merupakan perusahaan mainan Indonesia terus menyediakan aktivitas menarik, mendidik, dan tanpa layar kepada ribuan anak selama pandemi COVID-...