Sri Mulyani: Kabar Baik Vaksin Pfizer Memberi Sentimen Positif di Seluruh Dunia

INDOSINPO – Kabar baik dari pengembangan vaksin COVID-19 oleh Pfizer membawa dampak positif bagi seluruh dunia termasuk Indonesia.

Efektivitas kandidat vaksin Pfizer terbukti lebih dari 90 persen. Hal ini membawa sentimen positif bagi perekonomian di seluruh dunia.

“Kabar tentang vaksin Pfizer memberikan sentimen positif di seluruh dunia,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dalam diskusi online di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Tak hanya itu, Sri Mulyani menyatakan hasil dari pemilihan Presiden Amerika Serikat yang dimenangkan oleh Joe Biden juga memberi sentimen positif.

Di Indonesia sendiri, sentimen positif terlihat dari pemulihan pada kuartal III meski masih dalam zona negatif, yaitu dari 5,32 persen pada kuartal II dan kini menjadi 3,49 persen.

Ia menjelaskan, pemulihan pada kuartal III terjadi mulai dari konsumsi, investasi, hingga ekspor. Hanya impor yang masih dalam situasi cukup tertekan.

Selain itu, mayoritas sektor produksi juga menunjukkan pemulihan yaitu 12 dari 17 sektor, sedangkan tiga sektor memiliki pertumbuhan positif seperti pertanian, informasi dan komunikasi, serta jasa keuangan.

Sementara, untuk sektor terdampak COVID-19, sudah mulai menunjukkan pemulihan meski masih di zona negatif seperti dari industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan akomodasi.

“Kita berharap dengan pemulihan ekonomi global dan optimisme penemuan vaksin maka ayunan pembalikan arah ini akan semakin terakselerasi,” ujarnya.

Sebab itu ia optimis ekonomi Indonesia tahun ini akan tumbuh sesuai proyeksi yaitu antara minus 0,6 persen hingga minus 1,7 persen, sedangkan tahun depan sebesar 5 persen.

“Tahun depan kita berharap pemulihan akan berjalan di kuartal II dan III dan akan menyumbang pertumbuhan ekonomi minimal 5 persen,” katanya.

Vaksin milik Pfizer asal Amerika Serikat yang berkolaborasi dengan BioNTech (Jerman) dilaporkan efektif menangkal virus COVID-19 hingga lebih dari 90 persen tanpa ada efek samping berbahaya. Data itu dipublikasikan oleh kedua raksasa farmasi tersebut terkait uji klinis tahap akhir, seperti dilansir CNBC International, Senin (9/11/2020).

Efektivitas vaksin hingga 90 persen tentu jadi kabar baik karena sejumlah ahli sebelumnya memperkirakan efektivitas vaksin hanya 75 persen. (ant)

Berita Populer

Tok! MK Terima Sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak

INDOSINPO - Sesuai jadwal tahapan sengketa perkara perselisihan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi, hari ini memasuki registrasi terhadap permohonan yang diajukan oleh Pemohon. Dari...

Benda Misterius Tulisan China di Anambas, Roy Suryo: Mirip Argo Float Daripada Sea Glider

INDOSINPO - Penemuan benda menyerupai rudal dengan tulisan China menghebohkan warga di Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Benda berwarna biru dengan...

INTI Hadir di Mamuju-Majene Bantu Korban Gempa

INDOSINPO - Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 mengguncang Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari. Gempa yang berpusat di 6 kilometer timur laut Kabupaten...

Berita Terkait

BBX Mart x Tahta Coffee Kini Hadir Perdana di Plaza Central

INDOSINPO - BBX Mart, bisnis ritel dengan model convenience store, resmi menambah outlet barunya di kawasan strategi ibu kota, tepatnya di Plaza...

Peluang Bisnis Olahan Ikan Bandeng yang Makin Hits di Tengah Pandemi

INDOSINPO - Hasil survei 84 persen masyarakan Indonesia merasakan adanya penurunan pendapatan. Meski begitu, banyak juga pelaku usaha optimis bahwa pendapatan mereka...

12.12 Harbolnas 2020, Pesanan di Zalora Indonesia Melonjak 14 Kali Lipat

INDOSINPO - Zalora mengalami peningkatan jumlah pesanan sebanyak 14x lipat selama periode 12.12 Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2020.

Resmi Mengudara, IWA TV Diklaim Kanal Digital Properti Pertama di Indonesia

INDOSINPO - Di era digital ini, tidak sulit bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Teknologi internet sangat memanjakan.

1 KOMENTAR